Riau Darurat Asap

Walikota Pekanbaru Tinjau Posko Layanan Darurat Asap

Dibaca: 3871 kali  Jumat,18 September 2015 | 12:23:32 WIB
Walikota Pekanbaru Tinjau Posko Layanan Darurat Asap
Ket Foto : Walikota Pekanbaru memasangkan masker Kepada salah satu pengguna kendaraan bermotor

linkarnews.com - Walikota Pekanbaru, Provinsi Riau, H. Firdaus meninjau  pelayanan posko darurat yang dibuka dalam rangka tanggap darurat asap  sekaligus membagikan masker.

"Kami ingin melihat bagaimana pelayanan di tiga posko darurat yang ada di bawah koordinasi Pekanbaru. Sejauh ini aman, lancar dan terkendali," ujar Walikota Pekanbaru H. Firdaus di Pekanbaru, Jumat (18/9/2015)

Firdaus menyebutkan selain pantauan posko darurat, ia juga melihat pelayanan di Puskesmas Rawat Inap Simpang Tiga, Jalan Khaharudin Nasution.

"Saya melihat dari data yang dipampang pada papan informasi mulai tanggal 14-17 ada peningkatan pasien rata-rata 60-70 jiwa penderita ISPA," katanya.

Artinya ada peningkatan drastis pada jumlah pengunjung disemua Puskesmas, termasuk simpang tiga. Ini jelas memang dikarenakan saat ini kualitas udara Pekanbaru sangat berbahaya di mana Indeks Standar Pencemaran Udara PM10 berfluktuasi, di angka 900-1.100.

"Kalau mengacu pada kualitas udara yang ditunjukkan pada ISPU memang Pekanbaru berbahaya," ujar Firdaus.

Untuk itu Firdaus menambahkan semua Puskesmas dan Pustu yang ada tetap harus siaga 24 jam.

"Ada 20 Puskesmas dan 31 Pustu di Pekanbaru wajib melayani pasien siang malam," perintahnya.

Rombongan Wali Kota yang terdiri dari Kepala BPB Damkar, Plt Kabag Humas, Kepala Dinas Kesehatan, dan yang lainnya termasuk para wartawan memulai kunjungannya dari posko darurat asap didepan Ramayana, Jalan Sudirman.

Setibanya di posko, Firdaus memeriksa kesiapan sarana dan prasarana penunjang posko berupa ambulance, ketersediaan masker dan data kondisi kualitas udara di Pekanbaru yang diterbitkan Balai Lingkungan Hidup (BLH) tiap harinya.

Kemudian Firdaus membagikan masker kepada pengendara roda dua yang melintas saat itu. Kemudian rombongan melanjutkan peninjauan ke Puskesmas Rawat Inap Simpang Tiga.

Peninjauan ini hanya dilangsungkan sekitar 1 jam, lalu Firdaus meluncur ke Gedung daerah untuk mengikuti rapat koordinasi kebakaran lahan dan hutan yang dihadiri seluruh bupati/wali kota se-Riau dan perusahaan perkebunan.(ant)

Akses LingkarNews Via Mobile m.linkarnews.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR
Baca Juga Kumpulan Berita "Metropolis"