Pilkada Tahun Ini Partisipasi Pemilih Pekanbaru Turun untuk Kabupaten Kampar Naik

Dibaca: 5634 kali  Senin,20 Februari 2017 | 10:48:53 WIB
Pilkada Tahun Ini Partisipasi Pemilih Pekanbaru Turun untuk Kabupaten Kampar Naik
Ket Foto : ilustrasi
 
linkarnews.com - Pemungutan suara pilkada serentak di Riau baru saja usai. Yakni Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Hanya saja partisipasi masyarakat dalam memilih berbeda di dua daerah itu.  Di Pekan­baru, tingkat partisipasi masyarakat mengalami penurunan. Sementara di Kampar menunjukkan tren meningkat.
 
Ketua KPU Kota Pekanbaru Amiruddin Sijaya mengungkapkan, sesuai dengan hasil yang tertera dalam portal KPU, tingkat partisipasi masyarakat memilih calon wali kota dan wakil wali kota 2017 grafiknya mengalami penurunan. Pada lima tahun lalu, tingkat partisipasi pemilih mencapai 50 persen lebih. Namun pada pilkada kali ini justru hanya 48,1 persen.
 
’’Kami sudah berupaya semaksimal untuk melakukan sosialisasi kepadamasyarakat. Kami juga sudah mendatangi banyak pihak. Mulai dari masyarakat, organisasi, tokoh masyarakat dan lainnya. Kami rasa itu sudah maksimal,” ujarnya.
 
Target KPU sendiri, kata Amiruddin Sijaya, sebelumnya 77,5 persen. Sayangnya yang terjadi masih jauh dari harapan. Berdasarkan hasil yang tersaji, dari 265.016 pemilih laki-laki, hanya 129.398 yang menggunakan hak pilihnya. Sedangkan untuk pemilih perempuan, dari 267.027 hanya 146.486 yang memilih. 
 
‘’Total dari 568.744 pemilih, hanya 295.402 yang mencoblos ke TPS,’’ ucapnya.
 
Sementara Ketua KPU Kampar Yatarullah didampingi Komisioner Dahmizar mengatakan partisipasi pemilih dari hasil pleno PPK di kisaran 68-69 persen. Meski tidak mencapai target semula 77 persen, namun partisipasi ini meningkat signifikan dari pilkada sebelumnya. Pada Pilkada Kampar 2011 lalu partisipasi hanya 57,42 persen saja. 
 
“Ada beberapa faktor yang kemungkinan mempengaruhi, seperti sosialisasi yang dilaksa­nakan oleh KPU bersama pemerintah dan segenap unsur terkait, serta banyaknya paslon yang maju dalam pilkada,”terangnya. Rp/ln
Akses LingkarNews Via Mobile m.linkarnews.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR
Baca Juga Kumpulan Berita "Politik"