Diplomat Korut Terlibat Kematian Kim Jong Nam Antarkan 4 Buron yang Kabur

Dibaca: 2848 kali  Kamis,23 Februari 2017 | 23:37:33 WIB
Diplomat Korut Terlibat Kematian Kim Jong Nam Antarkan 4 Buron yang Kabur
Ket Foto : Kepolisian Malaysia saat menjelaskan identitas Hyon Kwang-Song

 

linkarnews.com - Diplomat senior Korea Utara (Korut) yang tengah diburu otoritas Malaysia terkait kematian Kim Jong-Nam, terekam CCTV Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada hari kejadian, 13 Februari. Diplomat ini mengantarkan 4 pria Korut lainnya yang juga buron dalam kasus ini, kabur ke luar negeri.

Diplomat senior Korut itu diidentifikasi sebagai Hyon Kwang-Song (44) dan diketahui menjabat Sekretaris Kedua pada Kedutaan Besar Korut di Kuala Lumpur. Selain Kwang-Song, satu lagi warga Korut bernama Kim Uk-Il (37) yang berprofesi sebagai staf maskapai Korut, Air Koryo, juga masuk daftar buronan otoritas Malaysia terkait kematian Jong-Nam. Keduanya diyakini saat ini masih berada di wilayah Malaysia.

"Diplomat itu terekam CCTV sedang mengantarkan empat tersangka Korut di KLIA," sebut sumber dari kalangan pejabat senior kepolisian Malaysia kepada media Singapura, Channel News Asia, Kamis (23/2/2017).

"Dia ada di sana, di KLIA, bersama dengan staf dari Air Koryo pada 13 Februari," imbuhnya.

Empat tersangka Korut yang dimaksud adalah empat buron lainnya yang diyakini kabur dari Malaysia pada hari yang sama saat Jong-Nam tewas. Keempatnya diidentifikasi sebagai Ri Ji-Hyon (33), Hong Song-Hac (34), Ri Jae-Nam (57) dan O Jong-Gil (34).

Keempat pria Korut itu dilaporkan kabur ke Jakarta untuk transit sebelum melanjutkan penerbangan ke Dubai, Uni Emirat Arab dan Vladivostok, Rusia. Keempatnya dilaporkan sudah tiba di Pyongyang, Korut pada 17 Februari lalu.

 

Baca juga: Salah Satu Buron Pembunuhan Kim Jong-Nam adalah Diplomat Korut

Laporan juga menyebut, keempat pria Korut itu merekrut dua tersangka wanita untuk menyerang Jong-Nam dengan racun di KLIA pada 13 Februari lalu. Dua tersangka wanita itu diidentifikasi sebagai wanita Vietnam bernama Doan Thi Huong (28) dan wanita Indonesia bernama Siti Aisyah (25).

Tidak diketahui pasti apakah keempat pria Korut itu juga ada di KLIA saat Jong-Nam diserang dengan racun.

Total ada delapan warga Korut yang diidentifikasi otoritas Malaysia terlibat dalam kematian Jong-Nam, yang merupakan kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-Un. Selain keempat pria itu, kemudian Hyon Kwang-Song dan Kim Uk-Il, masih ada dua warga Korut lainnya, yakni Ri Jong-Chol (47) yang telah ditangkap dan Ri Ji-U (30) alias James yang masih diburu. (**)

Akses LingkarNews Via Mobile m.linkarnews.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR
Baca Juga Kumpulan Berita "Dunia"