Meledak Saat Diluncurkan, AS Sebut Uji Coba Rudal Korut Gagal

Dibaca: 3089 kali  Minggu,16 April 2017 | 17:36:22 WIB
Meledak Saat Diluncurkan, AS Sebut Uji Coba Rudal Korut Gagal
Ket Foto : Kegagalan peluncuran rudal terjadi sehari setelah Pyongyang memamerkan deretan senjata balistik pada parade militer untuk merayakan ulang tahun pendirinya. (KCNA/via REUTERS)

 

linkarnews.com - Militer Amerika Serikat (AS) mengklaim Korea Utara gagal melakukan uji coba peluncuran rudal pada Minggu (16/4), setelah Pyongyang memamerkan deretan senjata balistik pada parade militer sehari sebelumnya.

 

“Saat akan diluncurkan, rudal itu ternyata meledak,” kata Departemen Pertahanan AS yang dibenarkan oleh militer Korea Selatan, dikutip dari AFP.

 

Kegagalan uji coba tersebut dinilai AS sebagai hal yang memalukan bagi Pemerintah Korea Utara, karena terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan Semenanjung Korea atas ambisi senjata nuklir Korea Utara.

 

Padahal, sehari sebelumnya Pemerintah Korea Utara menggelar parade militer besar-besaran dengan menampilkan hampir 60 rudal balistik antarbenua, di hari ulang tahun ke-105 pendirinya Kim Il-Sung.

 

Belum diketahui reaksi dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, karena waktu yang dipilihnya untuk melakukan uji coba peluncuran rudal bertepatan dengan rencana kunjungan Wakil Presiden AS Mike Pence ke Korea Selatan.

 

Korea Utara diketahui memiliki kebiasaan menembakkan rudal untuk menandai peringatan hari politik besar, atau sebagai gerakan pembangkangan atas pejabat AS yang mengunjungi Korea Selatan dan negara lain di sekitarnya.

 

Sementara Presiden AS Donald J. Trump sendiri telah berulang kali mengatakan ia akan mencegah Pyongyang mengembangkan rudal balistik nuklir yang mampu mencapai daratan negaranya.

 

Selain itu, Dewan Keamanan PBB juga telah enam kali memberlakukan sanksi terhadap Korea Utara sejak melakukan uji coba nuklir pertamanya pada 2006.

 

 

 

sumber: CNN

Akses LingkarNews Via Mobile m.linkarnews.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR
Baca Juga Kumpulan Berita "Dunia"