BAPEDA PEKANBARU

Bapenda Pekanbaru Optimis Capai Target Pendapatan Daerah

Dibaca: 786 kali  Kamis,12 Oktober 2017 | 13:37:42 WIB
Bapenda Pekanbaru Optimis Capai Target Pendapatan Daerah
Ket Foto : Azharisman Rozie ( Ka. Bapenda Pekanbaru) Optimis Capai Target


linkarnews.com - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Pekanbaru berhasil mengumpulkan pajak sebesar Rp 358.205.886.592. Jumlah tersebut masih jauh dari target sebesar Rp 783.260.371.972.

Kepala Bapenda kota Pekanbaru Azharisman Rozie mengungkapkan, meski capaian saat ini baru 46 persen namun ia optimis jelang akhir tahun target tersebut akan tercapai.

Azharisman Rozie ( Ka. Bapenda Pekanbaru)


"Memang benar dari sisi persentase capaian kita masih 46 persen. Namun kita optimis target tersebut akan tercapai jelang akhir tahun. Soalnya, masyarakat biasanya baru akan sibuk melunasi pajak jelang akhir tahun", ujarnya.

Haris menjelaskan, target sebesar Rp 783 miliar lebih itu merupakan target setelah APBD Perubahan 2017. Oleh karena itu, guna menggenjot penerimaan pajak, pihaknya membuka layanan pajak di hari Sabtu, meski tergolong hari libur bagi PNS.

Adapun jenis pajak yang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) rinci Faizal terdiri dari 11 item. Diantaranya, pajak reklame, parkir, hiburan, hotel, restoran, penerangan jalan umum (PJU), air bawah tanah, sarang burung walet, mineral bukan logam, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan BPHTB.

"Jadi supaya terhindar dari denda makanya kita buka hari Sabtu. Dan ini bukan yang pertama kali kita lakukan. Kemarin setelah jatuh tempo pembayaran PBB tanggal 30 September kemarin kita juga buka di hari Sabtu", ucapnya.

Centra Pelayanan Bapeda Pekanbaru


Disisi lain, meski pegawai Bapenda harus melayani masyarakat pembayar pajak di hari libur, namun mereka tidak dihitung lembur. Mereka tetap bekerja secara sukarela. Haris pun mengimbau masyarakat Pekanbaru, yang punya kewajiban membayar pajak daerah agar secara rutin membayar. Kedepan masyarakat tidak perlu menunggu sampai batas tanggal 15. Karena dari tanggal 1 setiap bulan sudah bisa bayar pajak. Hanya saja kecenderungan masyarakat lebih memilih bayar di ujung batas pembayaran, ucapnya.

Sementara itu, untuk memberikan kemudahan pada masyarakat saat membayar pajak, BapendaKota Pekanbaru menggandeng pihak bank, seperti Bank Riau Kepri dan BNI. Bukan itu saja, Bapenda juga menyiagakan petugas di tujuh unit pelayanan terpadu (UPT).

"Kita standby kan petugas pelayanan, kemudian ada juga pihak perbankan. Kita sudah bekerjasama dengan pihak perbankan. Itu ditujuh UPT dan badan sendiri, pejabat strukturalnya tidak, kecuali pejabat struktural yang membidangi masalah pajak," ungkapnya.(ADV)
 

Akses LingkarNews Via Mobile m.linkarnews.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR
Baca Juga Kumpulan Berita "Metropolis"