Korea Utara Luncurkan Roket, AS dan Korsel Siapkan Pertahanan Rudal

Dibaca: 3993 kali  Senin,08 Februari 2016 | 07:52:58 WIB
Korea Utara Luncurkan Roket, AS dan Korsel Siapkan Pertahanan Rudal
Ket Foto : Roket Korea Utara
 
linkarnews.com - Korea Utara berhasil meluncurkan roket yang membawa satelit ke orbit bumi. Sebagai reaksi atas peluncuran itu, Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan mereka kini tengah berunding untuk menempatkan sistem pertahanan rudal di Semenanjung Korea.
 
Langkah itu adalah respon atas ancaman peluncuran roket dari Korea Utara di masa mendatang. Selama ini komunitas Internasional menilai apa yang dilakukan Korea Utara dengan meluncurkan roket adalah ancaman bagi kawasan. Peluncuran semacam itu dianggap sebagai uji coba rudal balistik.
 
"Kami sudah memutuskan akan melakukan pembicaraan resmi untuk kemungkinan menempatkan sistem pertahanan rudal ke Korea Selatan," ujar Wakil Menteri Pertahanan Korsel Yoo Jeh-Seung, seperti dilansir the Malaysian Insider, Ahad (7/2/2016).
 
Selama beberapa tahun ini sudah muncul spekulasi, kerjasama antara Korsel dengan AS di kawasan akan diwujudkan dengan ditempatkannya sistem pertahanan rudal di Semenanjung Korea.
 
"AS-Korsel tidak punya pilihan selain mengambil tindakan pertahanan karena Korea Utara melancarkan provokasi dan menolak pembicaraan soal pelucutan nuklir," kata Yoo saat bertemu dengan Jenderal Thomas Vandal, komandan militer AS di Korsel. (***)
Akses LingkarNews Via Mobile m.linkarnews.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR
Baca Juga Kumpulan Berita "Dunia"